Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Sabtu, 07 Juli 2012

Mengenal Jenis-jenis Printer dan Piranti Cetak Komputer

Printer merupakan piranti output komputer yang paling sering digunakan di kalangan perkantoran dan pendidikan. Ada berbagai macam printer yang beredar saat ini. Jenis-jenisnya pun beragam, baik berdasarkan teknologi cetaknya, media penghubungnya, hingga fungsi penggunaannya.


Jenis-jenis Printer

Jenis printer berdasarkan teknologi atau bahan yang digunakan:
  • Dot Matrix : Printer yang menggunakan pita sebagai bahan cetaknya. Kualitas cetaknya kurang bagus, hanya memiliki satu warna (hitam), lazim digunakan di dunia bisnis dan perkantoran, misalnya untuk mencetak slip atau laporan.
  • Inkjet : Printer yang menggunakan cairan tinta sebagai bahan cetaknya. Kualitas cetaknya standar, bisa digunakan untuk cetak warna, lazim digunakan untuk kebutuhan rumahan atau personal.
  • Laser : Printer yang menggunakan toner sebagai bahan cetaknya. Kualitas cetaknya sangat bagus, ada yang satu warna (hitam) maupun yang full color, lazim digunakan di dunia industri cetak.

Jenis printer berdasarkan koneksi atau media penghubungnya:
  • Lokal : Printer terhubung langsung ke komputer via kabel printer atau port USB.
  • Jaringan : Printer terhubung ke komputer via jaringan komputer melalui mekanisme sharing. Jadi satu printer dipakai bersama oleh beberapa komputer di jaringan.

Jenis printer berdasarkan fungsinya:
  • Fungsi tunggal: Printer hanya berfungsi sebagai alat cetak saja.
  • Multi fungsi atau sering disebut Multifunction (MFP) atau All-in-One (AIO) : Printer yang dilengkapi dengan fungsi lain, seperti copier (pengganda) dan scanner (pemindai), bahkan kadang juga bisa dipakai sebagai mesin faksimili (fax). 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar