Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Rabu, 04 Juli 2012

Cara Menginstal Windows 7 Dengan atau Tanpa Upgrade

Sudah membeli lisensi Windows 7 tapi belum berani menginstal sendiri? Berikut ini sedikit petunjuk mengenai cara menginstal sistem operasi Windows 7 di komputer Anda. Secara umum, tahapan instalasinya tidak banyak berbeda dengan cara instal Windows XP atau Windows versi lainnya.

Install Windows 7

Opsi A : Install Upgrade dari Windows XP ke Windows 7
  1. Jika instalasi akan Anda lakukan di komputer yang sudah memiliki sistem operasi Windows XP atau versi lain sebelum Windows 7, maka Anda bisa mencoba tool Windows 7 Upgrade Advisor yang bisa didownload gratis di situs Microsoft. Install dan lakukan pemeriksaan menggunakan tool tersebut apakah komputer Anda mampu menjalankan Windows 7.
  2. Backup data penting Anda sebelum memulai instalasi. Anda bisa memburning data ke CD/DVD, meng-copy ke flash disk, atau memindahkannya ke komputer lain jika terhubung ke jaringan komputer. Cara lain, Microsoft menawarkan tool Windows Easy Transfer untuk membackup data pada sistem operasi lama dan memulihkan cadangan ke sistem operasi baru (Windows 7). Silakan download dan install untuk mencobanya.
  3. Setelah data terbackup, kini jalankan CD/DVD installer Windows 7 dari Windows XP Anda. Muncul kotak panduan instalasinya. Anda bisa memilih opsi Upgrade (hanya memperbarui file sistem Windows ke versi baru tanpa memformat dan menghapus software dan data lainnya), atau memilih opsi Custom (untuk menginstal sistem operasi baru dan menghapuskan sistem operasi lama).
  4. Langkah-langkah instalasi detail tidak dibahas di sini, silakan lihat posting: langkah instalasi Windows XP untuk melihat prosesnya, kurang lebih urutannya sama.
  5. Pulihkan data Anda, baik dengan menempatkan kembali ke komputer secara manual atau dengan menggunakan tool Windows Easy Transfer (baca langkah sebelumnya).
  6. Jika perlu, install ulang driver dan program aplikasi lainnya.

Opsi B : Install Windows 7 Tanpa Upgrade
  1. Jika komputer Anda baru dan belum memiliki sistem operasi, atau Anda ingin benar-benar menghapuskan sistem operasi lama dan mengganti dengan sistem operasi baru Windows 7, maka booting komputer Anda menggunakan CD/DVD Windows 7.
  2. Pada jendela Install Windows, lakukan pengaturan bahasa dan sebagainya. Klik Next untuk melanjutkan.
  3. Pada jendela persetujuan lisensi, klik I accept the license terms lalu Next.
  4. Pada jendela Which type of installation do you want?, pilih Custom.
  5. Pada jendela Where do you want to install Windows? pilih Drive options (advanced).
  6. Pilih partisi untuk instalasi Windows 7, jika harddisk masih baru, pilih Unnalocated Space.
  7. Lanjutkan proses berikutnya hingga selesai (sebagai gambaran, baca posting: Cara Menginstal Windows XP Professional).
Selamat mencoba !


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar