Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Jumat, 06 Juli 2012

Cara Menginstal Font untuk Menambah Jenis Huruf di Komputer

Font atau jenis huruf yang ada di komputer pada umumnya tergantung dari sistem operasi yang Anda gunakan. Selain dari bawaan sistem operasi, font juga bisa bertambah karena Anda menginstal program aplikasi tertentu, misalnya program desain grafis dan program desktop publishing. Nah, di luar itu, jika Anda suka berkreasi dengan berbagai jenis bentuk font maka Anda bisa menambahkan sendiri ke komputer Anda.

Untuk menginstal font, tentunya Anda harus menyediakan sumber file-file font. File tersebut bisa bersumber dari CD koleksi font, atau mendownload file font gratis di internet. File font sendiri ada beberapa jenis, antara lain TTF (True Type Font), AFM (Adobe Font Metrics), OTF (OpenType Font), dan banyak lagi. Adapun umumnya yang banyak digunakan dan bisa berjalan di berbagai sistem operasi adalah file berjenis TTF (dengan ekstensi .ttf).

Jenis Font

Sebagai asumsi, kita akan menginstal font bertipe TTF. Jika belum punya file sumber font TTF, Anda bisa mendownload di situs http://font.pendownload.com, http://www.fontex.org/free.html, http://www.webpagepublicity.com/free-fonts.html, http://www.1001freefonts.com, dan sebagainya.
  1. Download font yang Anda suka dari situs-situs tersebut di atas, misalnya dipilih font yang dipakai Facebook, yaitu Lucida Grande.
  2. Pastikan hasil download adalah file .ttf, jika masih berupa file .zip, maka ekstrak terlebih dahulu sehingga akan dihasilkan satu atau beberapa jenis file font-nya. 
  3. Setelah satu atau beberapa file TTF Anda peroleh, buka jendela Windows Explorer / My Computer untuk menuju lokasi hasil download. Pilih file TTF yang ingin Anda install, lalu klik kanan Copy pada file tersebut. 
  4. Pindah ke lokasi C:\Windows\Fonts. Di sana akan ditampilkan daftar file font yang sudah terinstal.
    Sekarang klik kanan di ruang kosong pada kolom daftar font tersebut, lalu pilih Paste.
  5. Jika font yang Anda instal memang belum Anda miliki, maka Windows akan menginstalnya ke lokasi tersebut.
  6. Jika font ternyata sudah ada di komputer, maka Windows akan menawarkan apakah Anda ingin menimpanya dengan yang baru atau tidak.
  7. Selesai, tutup Windows Explorer dan silakan coba buka program pengolah kata seperti Microsoft Word untuk memastikan font sudah terinstal dan bisa dipakai.


3 komentar:

  1. makasih tips soal install fontnya om...

    BalasHapus
  2. instal font apakah sebaiknya kalau hanya diperlukan saja begitu, habis itu dihapus?

    BalasHapus