Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Jumat, 08 Juni 2012

Pedoman Awal Cara Membuat Website Sendiri

Website dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah di internet. Struktur bangunan sebuah website terdiri atas beberapa hal. Ada tiga hal pokok yang harus Anda pahami dan Anda persiapkan untuk mengelola sebuah website:
  • Domain Name : alamat di internet, dapat diibaratkan sebagai alamat rumah. Contohnya facebook.com, google.com, indonesia.go.id, atau sctv.co.id.
  • Web Hosting : tempat menyimpan file-file untuk website Anda, ibaratnya ini adalah fisik bangunan rumah.
  • Web Content : file-file halaman web, gambar, atau file pendukung lainnya yang dirangkai menjadi sebuah tampilan halaman web yang terstruktur. Ini ibaratnya perabot yang ada di dalam rumah.

Sebuah website dapat diakses melalui alamat domain name atau nama domain-nya. Sebagai contoh, Google beralamat di google.com. Agar website yang Anda buat dapat diakses orang, maka Anda harus memiliki nama domain. Nama domain dapat Anda peroleh dengan cara membayar atau gratis. Mengenai cara mendapatkannya, akan saya bahas pada posting berikutnya.

Sebuah website atau blog membutuhkan tempat untuk menyimpan file-file halaman web dan file pendukung lainnya. Tempat ini berupa media simpan di server internet yang telah dilengkapi dengan program web server. Agar file-file halaman web yang telah Anda siapkan dapat dibaca di internet, tentunya Anda harus memiliki hosting. Sama seperti domain, hosting dapat diperoleh dengan cara membayar atau gratis. Detailnya akan saya bahas pada posting tersendiri.

Web content adalah isi website Anda. Tanpa adanya file-file halaman web dan file pendukung, maka domain dan hosting yang telah Anda miliki tidak akan menampilkan apa-apa jika diakses. Ini seperti memiliki rumah baru yang sudah ada alamatnya tapi belum diisi perabot alias kosong. Berbeda dengan domain dan hosting yang sangat mudah dimiliki serta tidak membutuhkan skill khusus, konten website membutuhkan penanganan dan skill khusus. Anda harus menyiapkan halaman web beserta file pendukungnya secara terstruktur agar berfungsi dengan baik, lalu menempatkannya di hosting Anda. Silakan ikuti posting-posting berikutnya untuk mendapatkan wawasan mengenai pembuatan konten web ini.


1 komentar: